Info dan Tips

Tetap Tambah Daya Walau Bayar Tagihan Listrik Meningkat

Bayar tagihan listrik PLN tiap bulannya kadang menjadi suatu hal yang membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam. Tentunya hal ini sangatlah wajar bila kita lihat bahwa, keseharian kita sudah sangat bergantung oleh listrik PLN.

Ketika AC menyala bersamaan dengan rice cooker, TV, mesin cuci, setrika, dan vacuum cleaner, apa yang mungkin terjadi? Yup, mati listrik. Beberapa di antara Anda pasti pernah mengalami hal ini. Meteran listrik di rumah sering turun karena penggunaan benda elektronik yang terlalu besar. Menyebalkan memang, karena daya yang dibutuhkan di rumah tangga tidak sebanding dengan kapasitas yang ada.

Hal ini jika kita tidak pandai dalam berhitung dan menganalisa kebutuhan listrik bulanan rumah Anda, akan menyebabkan mati listrik karena beban yang ditanggung terlalu besar. Selain berbahaya, mati listrik juga bisa menyebabkan barang elektronik rumah Anda menjadi rusak. Maka dari itu bijaklah dalam pemakaian hemat listrik bulanan Anda

Jatuh tempo bayar tagihan listrik bulanan Anda

Salah satunya jalan keluar ialah menambah daya listrik. Misalnya jika sebelumnya hanya 1300 VA (Volt Ampere) ditambah menjadi 2200 VA. Hal ini memang membuat kaget ketika cek tagihan listrik bulanan angkanya menjadi berlipat. Walau begitu, penambahan daya tetap banyak peminatnya.

Berikut ini, kami akan memberikan info mengenai tata cara dan syarat apa saja yang harus kita siapkan sebelum melakukan pengajuan penambahan daya listrik PLN rumah Anda bisa dipenuhi.

Penambahan daya listrik dapat Anda lakukan asal memenuhi syarat sebagai berikut:

Apa saja persyaratan untuk menambah daya listrik?

  • Anda harus menyetujui ketentuan penempatan alat pembatas dan pengukur atau APP milik PLN supaya lebih aman dan mudah diperiksa oleh petugas PLN.
  • APP dan perlengkapan milik PLN tersebut wajib dijaga
  • Membayar ganti rugi APP yang hilang atau rusak akibat kelalaian atau kesengajaan pelanggan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Membayar tagihan listrik secara tepat waktu
  • Membayar tagihan susulan ketika ada pelanggaran pemakaian tenaga listrik atau akibat pemakaian yang tidak terukur secara penuh
  • Menyediakan lokasi dan membayar biaya pemindahan serta ganti rugi kWh yang tidak tersalur, apabila pelanggan ingin memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lain atas persetujuan PLN
  • Melapor pada PLN maksimal 7 hari setelah dilakukan penyalaan pada persil pelanggan untuk memastikan kesesuaian prosedur. Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan pelanggan tidak melapor kepada PLN, maka seluruh pelaksanaan penyambungan listrik sampai penyalaan pada persil pelanggan dianggap tidak sesuai ketentuan.

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, Anda perlu menyiapkan biaya seperti biaya penyambungan, biaya MCB, juga uang jaminan pelanggan. Untuk biaya penyambungan, tarifnya berbeda-beda sesuai dengan kenaikan daya dari yang lama ke yang baru. Lalu, MCB atau Miniature Circuit Breaker juga perlu diganti agar kapasitasnya sesuai dengan daya yang dialirkan. Sedangkan uang jaminan pelanggan juga dikenakan kepada pelanggan pascabayar saat akan menambah daya.

ads
ads

mati listrik akan menyebabkan barang elektronik rumah Anda menjadi rusak

Untuk melakukan prosedur ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi PLN atau datang langsung ke kantor PLN setempat. Jangan lupa untuk membawa dokumen penting beserta lembar denah lokasi rumah Anda. Semakin cepat dilakukan, semakin nyaman Anda menggunakan semua barang elektronik di rumah.

Nah, ketika sudah tambah daya, tentu Anda wajib cek tagihan listrik di rumah secara rutin. Mengapa? Karena jika Anda tidak cek tagihan listrik dan lupa membayarnya, denda akan terus menghantui tiap bulannya. Selain denda, tentu listrik akan diputus jika Anda mengabaikan tagihan tersebut.

Hubungi teknisi listrik PLN untuk melakukan penambahan daya listrik rumah Anda

Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik yang mudah? Cukup unduh aplikasi Lunasin pada smartphone Android Anda. Di aplikasi Lunasin, Anda bisa cek tagihan listrik online dan langsung melunasinya saat itu juga.

Praktis dan mudah, kan? Selain cek tagihan listrik, Anda juga bisa cek tagihan lain seperti PDAM, BPJS, dan Telkom, dan tentu pendaftarannya gratis tidak dipungut biaya sama sekali.

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya di akun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment