lunasin img

Praktis Mengisi dan Membayar Tagihan PLN dalam Satu Sentuhan

Melalui Lunasin, mengisi token listrik dan membayar tagihan pascabayar PLN bukanlah hal yang merepotkan lagi.

Pengisian dan pembayaran tagihan PLN anti repot via Lunasin

Kini Anda dapat mengisi token dan membayar tagihan listrik secara online selama 24 jam di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi Lunasin. Cara pembayaran via Lunasin sangat mudah, hanya dengan mengisikan ID pelanggan untuk membayar tagihan sesuai yang tertera. Semudah itu.

Pastikan Anda melakukan pembayaran PLN mulai dari tanggal 5-20 setiap bulannya. Jika Anda telat membayar, maka PLN akan memberikan denda keterlambatan berupa pemadaman listrik sampai tagihan terbayar. Jadi pastikan Anda mengecek tagihan listrik tiap bulan beserta batas waktu pembayarannya. Jangan biarkan rumah Anda hampa tanpa listrik.

Silakan mendaftar menjadi agen Lunasin agar pembayaran dapat dengan mudah dilakukan.

 

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar tagihan Listrik & token (FAQ)


1. Tanya: Kelebihan listrik prabayar dibandingkan pascabayar?

  • Jawab: Kelebihan listrik prabayar atau token sebagai berikut:
  1. Tidak ada sanksi pemutusan
  2. Tidak ada uang jaminan pelanggan
  3. Pemakaian listrik tentu lebih terkendali
  4. Tidak dikenakan biaya keterlambatan
  5. Privasi aman
  6. Tidak ada pencatatan meter
  7. Tidak ada tenggat masa aktif
  8. Tidak dikenakan biaya bulanan
  9. Pembelian token dapat disesuaikan dengan kemampuan

2Tanya: Berapa banyak denda yang akan dikenakan jika telat melakukan pembayaran?

  • Jawab: Untuk denda keterlambatan bayar sebagai berikut:
  1. Batas Daya 450 volt ampere (VA) = Rp 3.000/bulan
  2. Batas Daya 900 VA = Rp 3.000/bulan
  3. Batas Daya 1.300 VA = Rp 5.000/bulan
  4. Batas Daya 2.200 VA = Rp 10.000/bulan
  5. Batas Daya 3.500-5.500 VA = Rp 50.000/bulan
  6. Batas Daya 6.600-14.000 VA = 3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp 75.000) per bulan
  7. Batas Daya di atas 14.000 VA = 3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp 100.000) per bulan

3Tanya: Bagaimana jika saya salah memasukan nomor pelanggan?

  • Jawab: Sebelum memilih ‘Metode Pembayaran’ pastikan nama dan total tagihan sudah sesuai. Jika nama tidak sesuai, silahkan Anda dapat cek kembali nomor PDAM yang Anda masukkan. Jika pembayaran sudah terlanjur diproses, mohon maaf pembayaran tidak dapat dibatalkan. Begitupun untuk pembayaran yang telah berhasil.

4. Tanya: Bagaimana jika saya telat membayar tagihan listrik PLN?

  • Jawab: Berikut adalah detail jika kamu telat membayar tagihan listrik PLN.
  1. Kalau Kamu melewatkan tenggat waktu pembayaran listrik, maka Kamu akan dikenakan denda Biaya Keterlambatan (BK), pemutusan sementara listrik dan segel miniature circuit breaker (MCB) sampai listrik dibayarkan penuh
  2. Jika menunggak lebih dari 2 bulan (meski belum lewat tanggal 20) kamu akan dikenakan sanksi pemutusan sementara dan pembongkaran APP (kwh meter + MCB) atau diputus dari tiang migrasi ke meter pulsa
  3. Jika menunggak lebih dari 2 bulan (lewat tanggal 20) kamu akan dikenakan saksi pembongkaran rampung APP (kwh meter + MCB) dan kabel, juga langgananmu akan dihentikan PLN.

4. Tanya: Kapan saya harus membayarkan tagihan listrik PLN saya?

  • Jawab: Pembayaran tagihan listrik kamu harus dibayarkan paling lambat ditanggal 20 ditiap bulannya.

Cara bertansaksi di lunasin

Masyarakat di daerah-daerah terpencil yang belum mempunyai rekening bank ataupun masyarakat yang jauh dari bank. Lewat apliksi kami

  • Buka aplikasi Lunasin
  • Pilih menu ‘pilih kategori’ Lalu pilih menu: Yang ingin Anda Lunasin
  • Lalu pilih menu ‘admin’ yang akan digunakan,
  • Masukan ID pelanggan kemudian pilih ‘cek tagihan/harga‘,
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus kalian bayarkan lalu pilih ‘bayar‘,
  • Lalu akan muncul konfirmasi pembayaran,
  • Pilih menu ‘cetak struk’ sebagai bukti,
  • "Selamat! Transaksi Anda berhasil, komisi Anda bertambah"
  • Buka aplikasi Kios Lunasin
  • Pilih menu ‘pilih kategori’ lalu pilih menu PLN postpaid, PLN Prepaid, PLN nontaglis,
  • Lalu pilih menu ‘admin’ yang akan digunakan,
  • Masukan ID pelanggan kemudian pilih ‘cek tagihan/harga‘,
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus kalian bayarkan lalu pilih ‘bayar‘,
  • Lalu akan muncul konfirmasi pembayaran,
  • Pilih menu ‘cetak struk’ sebagai bukti,
  • Selamat! Tagihan listrik kamu sudah terbayarkan!
ads
Dapat penghasilan tambahan bulanan cukup dengan smartphone kamu

Lebih dari puluhan biller pembayaran, tersedia di aplikasi Lunasin. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda sekarang

Daftar Sekarang!
lunasin img