FAQ Lunasin

Halo Juragan, ada pertanyaan seputar teknis, kendala & lainnya? Yuk cari jawabannya di bawah

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

1. Tentang Aplikasi Lunasin

Q : Apa itu aplikasi Lunasin?

Lunasin adalah aplikasi pembayaran online yang ditunjukan membantu para pemilik toko, minimarket, warung kelontong maupun individu atau perorangan yang berminat untuk menambah penghasilannya dengan menyediakan layanan pembayaran produk-produk digital dan PPOB seperti tagihan PLN, PDAM, BPJS, Pulsa, Telkom, Voucher games, Paket data, E-Money dan lain-lain. Aplikasi Lunasin juga bisa kamu akses melalui website dan juga smartphone Android.

Selain memberikan komisi yang besar kepada para pelanggannya. Lunasin juga memiliki fitur-fitur modern yang bisa digunakan oleh para mitra dalam menjalankan usaha PPOBnya. Seperti:

  1. Fitur Multi admin bank
  2. Fitur Tiket deposit otomatis
  3. Fitur cetak ulang struk
  4. Fitur laporan
  5. Koneksi ke printer Bluetooth
  6. 1 ID hanya bisa diakses oleh 1 perangkat
  7. Sistem monitoring untuk Korwil dan Collecting agent
  8. Sistem keamanan aplikasi berstandar bank

Aplikasi Lunasin juga bisa kamu akses di 2 perangkat berbeda. Salah satunya kamu bisa akses diperangkat komputer atau web base, dan juga di perangkat mobile Android yang bisa kamu download di Playstore.

Tugas dasar Korwil adalah membina dan mengenalkan aplikasi Lunasin kepada para calon pelanggan. Sistem komisi atau fee-nya ialah berbentuk sharing fee. Artinya ialah, komisi yang didapatkan seorang korwil tentunya juga ia dapatkan dari jumlah transaksi-transaksi semua loket downlinenya.

Tentu Saja, Lunasin merupakan salah satu layanan dari PT. Cakrawala Sahabat Nusantara. Lunasin menjamin kerahasiaan Informasi Anda dari penyalahgunaan informasi oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Untuk mendaftarkan diri Anda, silahkan klik disini. Dan tentu saja pendaftaran gratis!

2. Cara melakukan transaksi di aplikasi Lunasin:

Sebelumnya Anda diharuskan untuk mengisi saldo aplikasi atau biasa disebut dengan TOP UP Karena semua pembayaran produk digital maupun grosir menggunakan saldo Lunasin. Kemudian setelah Anda telah mengisi saldo, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih produk yang akan Anda Lunasin.
  2. Pilih spesifikasi produknya.
  3. Masukan nomor pelanggan atau kode pembayaran.
  4. Setelah itu klik “Cek Tagihan”
  5. Setelah muncu detail transaksi dan Anda yakin sudah benar, maka klik “Lunasin Tagihan”.

Sebelumnya Anda diharuskan untuk mengisi saldo aplikasi atau biasa disebut dengan TOP UP saldo. Karena semua pembayaran produk digital maupun grosir menggunakan saldo Lunasin.

Jika pembelian pulsa gagal, status pembelian di halaman pesanan menjadi “Refunded” (dikembalikan). Dana Anda akan dikembalikan ke Deposit Lunasin Anda.

Apabila transaksi lewat aplikasi Android buka halaman utama aplikasi Lunasin, lalu klik “Riwayat” untuk melihat riwayat transaksi.

Apabila transaksi lewat aplikasi Web pilih tombol “Riwayat” di bagian atas.

Sebelum melakukan cetak ulang struk pastikan handphone sudah terkoneksi dengan printer bluetooth Anda.

  • Aplikasi Android:
  1. Pilih Tombol “Riwayat” di halaman utama aplikasi.
  2. Klik Transaksi yang akan di cetak ulang.
  3. Klik tombol “Lunas”
  4. Lalu pilih cetak.
  • Aplikasi Web based:
  1. Pilih tombol “Cetak Ulang” di halaman utama Aplikasi
  2. Masukan ID Pelanggan.
  3. Pilih tanggal transaksi.
  4. Klik tombol “Cari Transaksi”
  5. Lalu pilih transaksi yang ingin dicetak.

Untuk melihat laporan transaksi Anda simak beberapa langkah ini:

  • Aplikasi Android:
    Pada halaman utama aplikasi pilih menu “Akun” lalu pilih “Laporan Transaksi”. Setelah itu pada kolom laporan pilih menu “Per-Tanggal” atau “Per-Produk”. Lalu pilih tanggal yang ingin dicek dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Lalu tekan “Cek Laporan” maka akan muncul Total Keseluruhan dan Rincian Laporan.
  • Aplikasi Android:
    Pada halaman utama aplikasi web pilih menu “Laporan” pada bagian atas. Pilih tanggal transaksi kemudian pilih tombol “Tampilkan Laporan“

3. Tentang Saldo Lunasin:

Saldo Lunasin merupakan sebuah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Mitra Lunasin yang disediakan untuk memudahkan Mitra dalam bertransaksi melalui web atau aplikasi untuk memudahkan Mitra dalam bertransaksi melalui web atau aplikasi.

Untuk menambahkan saldo deposit Anda, kami memiliki fitur Tiket Deposti Otomatis dimana kamu bisa melakukan Top Up saldo secara cepat, otomatis dan praktis. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Aplikasi Android:
    Pada halaman utama aplikasi pilih menu “Akun” lalu pilih “Laporan Transaksi”. Setelah itu pada kolom laporan pilih menu “Per-Tanggal” atau “Per-Produk”. Lalu pilih tanggal yang ingin dicek dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Lalu tekan “Cek Laporan” maka akan muncul Total Keseluruhan dan Rincian Lap  oran.
  • Aplikasi Android:
    Pada halaman utama aplikasi web pilih menu “Laporan” pada bagian atas. Pilih tanggal transaksi kemudian pilih tombol “Tampilkan Laporan“

Tiket deposit otomatis adalah salah satu fitur dari aplikasi Lunasin dimana sebelum Anda mentransferkan saldo untuk Top Up saldo, Anda mencetak nominal digit yang akan Anda Top Up lalu Anda tinggal mentransferkan nominal Anda kesalah satu bank yang kami sediakan.

Keunggulan Tiket Deposit Otomatis ialah, Anda tidak pelu lagi mengkonfirmasi transferan Anda. Karena otomatis akan langsung ter Top Up secara otomatis. Klik disini untuk lebih jelasnya.

Setelah anda mentransfer sejumlah yang akan di top up, saldo akan di-input secara otomatis jika Anda menggunakan fitur Tiket Deposit Otomatis. Namun jika memang belum masuk sampai 15 Menit, harap cocokan kembali Nominal transferan dank kode tiket. Jika memang salah memasukan nominal transfer silahkan hubungi tim Lunasin.

4. Tentang Akun Lunasin

Jika Anda gagal dalam login aplikasi, mohon diperhatikan apa kendala tidak bisa login yang muncul ditampilan aplikasi. Seperti berikut ini: 

  1. Jika keterangannya “Silahkan menghubungi helpdesk untuk login via web” Hubungi CS Lunasin
  2. “Perangkat anda tidak dikenali”. Silahkan menghubungi CS Lunasin untuk reset akses
  3. “Akun anda diblok karena salah password 3x” Silahkan menghubungi CS Lunasin untuk reset password atau kata kunci baru.
  4. “Login gagal username/password salah” Silahkan periksa kembali Username dan Password Anda.

Jika lupa kata kunci Anda, hubungi Korwil atau hubungi CS Lunasin pusat untuk memperbarui kata kunci Anda.

Jika lupa kata kunci & Username Anda, hubungi Korwil atau hubungi CS Lunasin pusat untuk memperbarui kata kunci Anda.

5. Tentang Fee atau komisi Lunasin:

Fee atau komisi merupakan keuntungan yang didapatakan oleh mitra dari setiap transaksi yang telah dilakukan.

Setiap tanggal 5 di awal bulan, fee akan ditransfer ke rekening masing – masing atau dalam bentuk saldo di akun Lunasin anda.

Jika fee bulanan Anda mencapai lebih dari Rp 200.000, Anda bisa meminta kami untuk ditransfer ke rekening Anda sendiri. Silahkan infokan nomor rekening Anda ke Customer Service..

6. Pertanyaan lainnya mengenai Lunasin:

Untuk membuat akun Lunasin, sebelumnya Anda perlu mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Untuk mendaftar, klik disini.

Kios atau biasa disebut loket juga adalah tempat para pelanggan untuk membayarkan tagihan atau pembelian produk-produk pembayaran. Biasanya Loket mempunyai ciri khas mempunyai spanduk pengenalan pembayaran PPOB didepan kios/loketnya/

Tugas dasar Korwil adalah membina dan mengenalkan aplikasi Lunasin kepada para calon pelanggan. Sistem komisi atau fee-nya ialah berbentuk sharing fee. Artinya ialah, komisi yang didapatkan seorang korwil tentunya juga ia dapatkan dari jumlah transaksi-transaksi semua loket downlinenya.

Pola bisnis B2B atau business to business adalah kami sebagai Lunasin menyediakan langsung produk-produk pembayaran yang bisa Anda gunakan di aplikasi Anda sendiri. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan pengalaman tak terlupakan bagi Anda. Sebagai mitra, kami hadir untuk menemani bisnis Anda tumbuh besar.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab silahkan hubungi Customer Service kami melalui whatsapp atau telepon atau klik disini untuk langsung mengirim kotak saran kami.

Dapat penghasilan tambahan bulanan cukup dengan smartphone kamu

Lebih dari puluhan biller pembayaran, tersedia di aplikasi Lunasin. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda sekarang

Daftar Sekarang!
lunasin img