Kisah Inspiratif

Ingin jadi pengusaha? Yuk tiru 5 sikap mental pengusaha ini

Jakarta, 4 april 2020

Didalam tubuh yang kuat, terdapa mental yang kuat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah mengalami kejadian yang membuat kita stress, putus asa dimana sebenarnya mental kita sedang diuji.

Dalam menjalani bisnis pun kadang seperti itu, tidak jarang kita mengalami musibah seperti saat seperti ini. Sedang mewabahnya pandemic Covid-19 yang mengakibatkan roda ekonomi melesu

Disaat seperti inilah mental kita sedang diuji, karena selain modal, mental memang sangat dibutuhkan . Dimana saat orang lain melihat ini sebagai hambatan, tetapi bagi para pengusaha yang bermental baja merupakan tantangan yang harus dihadapi

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk melatih mental kita agar semakin kuat dan terbiasa menghadapi tantangan dalam berbisnis?

Simak beberapa kebiasaan yang bisa juragan kembangkan agar meningkatkan kekuatan mental dan keberanian juragan sebagai pengusaha sukses.

Berikut adalah strategi yang bisa juragan tiru untuk menguatkan mental juragan..

1. Selalu percaya diri kapan dan dimanapun.

Bagi para pegusaha sejati, tahu bahwa percaya diri harus selalu diutamakan dalam menjalankan sesuatu. Pengusaha bermental baja selalu percaya memiliki pengendalian kuat dan tidak ada keraguan.

ads
ads

Karakteristik kematangan seseorang pengusaha tidak tergantung pada orang lain, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, obyektif, dan kritis.

2. Tidak takut dengan suatu perubahan.

Kadang ada waktunya juragan untuk keluar dari zona nyaman, tujuannya adalah mencari kesempatan baru dan peluang-peluang bisnis baru. Tetapi tidak semua orang berani mengambilnya. Padahal pengusaha bermental baja itu haruslah fleksibel dalam beradaptasi disuatu lingkungan.

Pengusaha sukses melihat suatu perubahan besar dan siap membentuk suatu rencana tindakan untuk menjawab tantangan, mereka tidak ketakutan akan perubahan yang bisa melumpuhkan usahanya.

3. Cerdas secara emosional.

Cerdas secara emosional berarti secara naluri dan pemikiran kamu akan bersikap lebih tegas dan membatasi perilaku juragan, ini bertujuan untuk bisa terbebas dari perilaku-perilaku negatif yang ujungnya akan merugikan diri dan bisnis juragan sendiri.

4. Tidak pernah memikirkan kesalahan.

Janganlah takut akan kegagalan juragan.

Justru seharusnya bersyukurlah ketika mengalami kegagalan, intropeksikan apa saja kesalahan dan ambil pengalaman dari kesalahan itu.

Pengusaha bermental kuat tahu betul dimana ia harus memusatkan perhatian masalah yang ia hadapi, Dan tidak takut untuk  mengambil resiko, dan ketika gagal maka dia tidak akan terlalu meratapi kegagalannya. 

5. Memiliki disiplin tinggi.

Jika memang menjadi pengusaha adalah cita-cita impian juragan, maka mulailah menerapkan sikap disiplin. Disiplin menjadi cerminan karakter yang professional.

Bagaimana contoh-contoh kecil untuk menerapakna sikap disiplin pada diri kamu? Kamu bisa memulai dengan tidak menunda-nunda pekerjaan harian ataupun bulanan kamu.

Itulah tadi 5 mental dasar yang harus dipunyai para pengusaha untuk memulai membangun bisnis mereka. Jadi sudah yakin untuk menjadi pengusahan?

Menurut kalian, sikap apa lagi sih yang kira-kira harus dimiliki para calon atau pengusaha? Beri komentarmu dibawah, jangan lupa share jurnal juragan ini jika menurut kamu artikel ini cocok untuk kamu berikan keteman-teman kamu

Leave a comment