Tips Bisnis

6 Cara Mengatur Keuangan Usaha Rumahan dan Pribadi

Mengendalikan dan mengatur keuangan memang tidak mudah bagi sebagian orang, terutama jika sedang menjalankan usaha rumahan yang sederhana. Membelanjakan dan menghabiskan uang sudah merupakan kebiasaan yang sering dilakukan tanpa kita sadari. Apalagi ketika omset sedang tinggi, membelanjakan di luar yang dibutuhkan menjadi godaan yang cukup berat.

Ada banyak alasan yang bisa digunakan untuk selalu menghabiskan uang yang dimiliki. Terutama jika tidak begitu peduli dan sibuk untuk melakukan evaluasi di dalam keuangan.

Karena sudah menjadi kebiasaan, hal ini bisa sulit dihilangkan. Uang pendapatan kita habis begitu saja tanpa tahu kemana perginya. Sementara tiap hari harus bekerja keras dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga.

Tetapi sebenarnya, ada kiat-kiat mengelola keuangan bulanan agar Anda bisa kendalikan dan atur dengan baik sesuai dengan kebutuhan hidup. Awalnya memang tidak mudah, namun lama-lama akan biasa jika dilakukan secara bertahap.

Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini.

Buat perencanaan keuangan

Usaha rumahan yang Anda jalani tentu perlu perencanaan keuangan yang matang. Jangan sampai uang pribadi tercampur dalam cashflow usaha Anda.

Cara pertama, Anda perlu merencanakan usaha dalam satu periode panjang dan bagilah menjadi beberapa periode pendek. Lakukan perhitungan dengan detail mengenai dana agar tidak keluar anggaran.

Jangan lupa anggaran

ads
ads

Anggaran atau budget adalah hal terpenting dalam mengatur keuangan usaha rumahan Anda. Anggaran ini akan bekerja sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi usaha. Jadi jika keluar batas, Anda perlu mengatur dan menahan diri agar anggaran tetap di koridor yang ditentukan.

Awasi arus kas Anda

Kadang – atau seringnya, arus kas keuangan menjadi hal yang cukup sulit dilakukan para pelaku usaha karena butuh ketelitian yang tinggi. Walau sulit, tapi tetap harus Anda awasi agar tidak keluar jalur. Supaya mudah, gunakan software akuntansi yang kini banyak tersedia baik gratis atau berbayar.

Biasakan hidup hemat

Jika Anda biasa hidup nyaman dan mewah, tips ini mungkin agak sulit dilakukan. Namun sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan, kan? Caranya mulai dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Misalnya saja Anda biasa nongkrong di kafe untuk menikmati kopi seminggu 2 kali. Sekarang kurangi menjadi seminggu sekali atau bisa juga mempelajari cara membuat kopi agar bisa dipraktikkan di rumah.

Lebih hemat, kan? Hidup hemat ini juga dapat Anda praktikkan ke usaha rumahan dengan cara tidak membeli barang yang sekiranya tidak memberi dampak pada penjualan. Misalnya Anda memiliki usaha makanan ringan online. Tentu Anda tidak perlu membeli alat yang tidak menunjang usaha seperti komputer canggih dan mahal untuk admin.

Konsultasi dengan konsultan keuangan

Banyak orang yang takut pergi ke konsultan keuangan, entah karena biaya konsultasi yang tinggi atau karena takut dengan kenyataan kondisi finansialnya sendiri. Konsultan keuangan bertugas membantu Anda untuk menyelesaikan masalah finansial, terutama pengelolaan untuk menyeimbangkan finansial pribadi dan usaha.

Jadi tidak perlu takut dengan kenyataan finansial Anda tidak sesuai dengan teori yang benar. Mengenai harga jasanya, kini banyak konsultan keuangan yang murah, bahkan gratis di internet. Manfaatkanlah ilmu yang mereka berikan untuk diterapkan di pola pengaturan keuangan Anda.

Mulai berinvestasi

Investasi bisa dilakukan sejak dini untuk melindungi kondisi keuangan Anda di masa depan. Silakan dicoba investasi jangka pendek dan cari yang paling menguntungkan menurut Anda.

Misalnya saja emas atau reksa dana yang modalnya minim dengan risiko yang tidak terlalu besar. Pilihlah investasi terbaik agar uang yang Anda tanam membuahkan hasil ke depannya.

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya diakun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment