Info dan Tips

Ketahui Penyebab Gagalnya Transaksi TopUp e-money di Mesin EDC

Ketika sampai di kasir untuk topup e-money, tiba-tiba sang kasir memberitahu bahwa transaksi Anda gagal. Walau sudah dicoba berkali-kali, tetap saja gagal. Maka dari itu Anda harus lebih perhatikan hal apa saja sebelum transaksi dan Topup E-money Anda. Bisa jadi ada masalah di kartu Anda atau malah mesin EDC nya?

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami kejadian tersebut. Yup, melakukan transaksi atau top up e-money melalui mesin EDC kadang kala menemui beberapa kegagalan.

Ujung-ujungnya Anda mengganti dengan kartu lain atau membayar dengan uang tunai, supaya urusan cepat selesai di kasir. Nah, sebetulnya apa saja penyebab kegagalan transaksi tersebut? Mari simak artikel ini sampai tuntans. kita kupas bersama penyebabnya.

1. Salah PIN

Penyebab yang paling sering terjadi ialah salah memencet PIN. Biasanya salah PIN terjadi ketika Anda memiliki banyak kartu debit dan kredit atau baru saja mengganti PIN baru. Walau kesalahan ini bisa dimaklumi, namun tidak dengan bank dan kasir.

Karena bisa saja bank dan kasir menganggap Anda bukanlah pemilik resmi kartu tersebut sehingga tertuduh mencuri kartu. Supaya hal ini terselesaikan, tunjukkan tanda pengenal resmi seperti KTP atau SIM, lalu bandingkan dengan nama yang tertera pada kartu kredit Anda. Mintalah pada kasir untuk menggunakan opsi pembayaran tidak menggunakan PIN.

Setelah itu, Anda perlu menandatangani kertas print out dari mesin EDC.

2. Masalah sinyal

Penyebab kedua terbesar yang kerap ditemui adalah masalah sinyal pada mesin EDC. Kali ini penyebabnya tentu bukan pada kartu Anda. Jika Anda pernah topup e-money di minimarket, mungkin pernah mengalaminya.

ads
ads

Hal ini terjadi karena mesin EDC tidak dapat menangkap sinyal dengan baik. Solusinya adalah me-restart mesin EDC dan menunggu beberapa menit agar bisa digunakan kembali. Tetapi jika memang ada masalah dari pusat, baik Anda maupun kasir tidak dapat melakukan transaksi atau topup e-money hingga masalahnya selesai.

Ingin saldo e-money terisi dengan cepat? Gunakan aplikasi Lunasin yang mudah dan cepat.

3. Error chip

Masalah ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama karena chip kartu Anda yang memang rusak akibat kartu yang tidak disimpan dengan baik. Lalu yang kedua karena kasir yang menggunakan kartu Anda di mesin EDC bank lain.

Hal ini bisa memicu terjadinya error chip. Anda perlu meminta kasir untuk menggunakan mesin EDC yang sesuai dengan kartu. Atau jika masih tidak bisa, hubungi bank penerbit kartu Anda agar segera diproses.

4. Habisnya Masa berlaku kartu

Jangan lupa untuk selalu cek sampai kapan masa berlaku kartu Anda. Karena jika Anda menggunakan kartu dengan benar, tidak melebihi limit, tidak ada masalah dengan sinyal, tapi tetap mengalami penolakan, maka masalah yang perlu diteliti adalah masa berlaku kartu.

Jika sudah melewati masa berlaku, transaksi apapun akan ditolak oleh mesin EDC. Maka, segera hubungi bank penerbit kartu agar segera diganti dengan yang baru.

5. Transaksi yang Melebihi limit

Pada kartu kredit, terdapat limit atau batas yang bisa Anda gunakan tiap bulannya. Ketika Anda membayar di kasir, mesin EDC akan menolak dan memberi keterangan dengan kalimat, “Call Your Bank”. Itu tandanya Anda sudah melebihi batas yang ditentukan. Supaya transaksi tetap berjalan, segera beralih ke kartu debit atau pembayaran melalui uang tunai.

Berikut tadi adalah biasa penyebab gagalnya Anda melakukan transaksi menggunakan e-money. Sebetulnya transaksi menggunakan uang digital yang berbasis teknologi, adalah hal wajar jika kadang terkendala teknis.

Tapi sebetulnya uang digital mempunyai keunggulan-keunggulann tersendiri dibandingkan dengan transaksi menggunakan uang tunai. Nah, Anda lebih suka transaksi menggunakan uang digital atau uang tunai? Komentar dibawah ini yaa..

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya di akun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment